Media
visual merupakan media yang memberikan gambaran menyeluruh dari yang
konkrit sampai dengan abstrak. Media visual ini lebih bersifat
realistis dan dapat dirasakan oleh sebagian besar panca indera kita
khususnya indera penglihatan. Manfaat yang kita dapat dalam penggunaan
media ini adalah pemakaiannya yang efektif dan efisien, praktis, dan
lebih cepat dipahami oleh peserta didik.
Oleh
karena itu, pendidik dapat memanfaatkan media-media secara optimal
sehingga menghasilkan pengalaman pembelajaran yang menyenangkan seperti
media visual untuk mempermudah dalam berinteraksi dan pemberian materi
yang akan dibahas pada peserta didik.
Dalam penggunaannya media visual memiliki manfaat atau kegunaan. Manfaatnya antara lain:
- Media bersifat konkrit, lebih realistis dibandingkan dengan media verbal atau non visual sehingga lebih memudahkan dalam pengaplikasiannya.
- Beberapa penelitian membuktikan bahwa pembelajaran yang diserap melalui media penglihatan (media visual), terutama media visual yang menarik dapat mempercepat daya serap peserta didik dalam memahami pelajaran yang disampaikan.
- Media visual dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik dan dapat melampaui batasan ruang kelas. Melalui penggunaan media visual yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.
- Lebih efiektif dan efisien dibandingkan media verbal lainnya karena jenisnya yang beragam, pendidik dapat menggunakan semua jenis media visual yang ada. Hal ini dapat menciptakan sesuatu yang variatif, dan tidak membosankan bagi para peserta didiknya.
- Penggunaannya praktis, maksudnya media visual ini mudah dioperasikan oleh setiap orang yang memilih media-media tertentu, misalkan penggunaan media Transparansi Overhead Tranparancy (OHT).
Cara pemilihan media visual yang tepat adalah :
1. Media yang digunakan harus memperhatikan konsep pembelajaran atau tujuan dari pembelajaran.
2. Memperhatikan karakteristik dari media yang akan digunakan ,apakah sesuai dengan situasi dan kondisi yang tepat guna.
3. Tepat sasaran kepada peserta didik yang sesuai degan kebutuhan zaman.
4. Waktu , tempat , ketersediaan dan biaya yang digunakan.
5.
Pilihlah media visual yang menguntungkan agar lebih menarik,variatif,
mudah diingat dan tidak membosankan sesuai dengan konteks penggunaannya.
0 komentar:
Posting Komentar